Tips Memilih Durian yang Matang dan Manis Rasanya

Jika salah memilih, Anda pasti akan kecewa karena durian tersebut tawar, lembek, dan dagingnya pun sedikit. Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu mengetahui 5 tips memilih durian yang matang dan manis. Apa saja?

1. Cermati Bentuk Duri pada Buah Durian

Untuk mendapatkan buah durian yang paling enak dan matang, Anda mesti mencermati bentuk durinya. Pilihlah durian yang memiliki duri pendek dan jarang karena dipercaya lebih manis. Sedangkan, jika Anda mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka siap-siap saja Anda mendapatkan buah dengan daging yang lebih sedikit.

2. Perhatikan Bentuk Bulat dan Batang pada Durian

Jika Anda ingin memperoleh buah durian yang kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilihlah durian yang berbentuk bulat. Buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding berbentuk bulat.

Sedangkan, bentuk batangnya yang tebal dan pendek memiliki buah daging yang tebal dan banyak. Namun, jika batang panjang dan ramping justru menandakan daging buah lebih sedikit dan tidak tebal.

Durian yang benar-benar segar memiliki ujung batang yang lembab dan ringan. Jika durian semakin lama jatuh dari pohon, maka semakin gelap dan kering ujung batangnya.

3. Perhatikan Kerapatan dan Berat Kulit Durian 

Apakah Anda membeli durian yang sudah terbuka kulitnya agar bisa melihat warna dagingnya? Jika Anda demikian, hati-hati mungkin Anda akan mendapatkan durian berwarna kuning dengan membeli buah yang kulitnya sudah terbuka, namun rasa dagingnya tidak semanis durian dengan kulit masih tertutup rapat.

Saat kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin secara terus menerus. Sehingga, berdampak pada rasa daging durian yang menjadi hambar. Alangkah baiknya, Anda mempertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

4. Cium Aroma Durian

Tips selanjutnya adalah mencium bau durian yang mau dibeli. Durian yang memiliki aroma harum biasanya memiliki daging kuning dan manis. Cara ini sudah lumrah dipakai oleh banyak orang saat memilih durian.

Anda tak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Anda cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke arah hidung Anda. Durian dengan kualitas terbaik akan memunculkan aroma harum yang sangat khas meski belum dibelah atau disayat kulitnya. Anda hanya perlu mengingat durian dengan aroma yang harum biasanya memiliki daging yang kuning dan manis.

5. Perhatikan Warna durian 

Tahukah Anda warna buah durian tidak berdampak pada kelezatan daging di dalamnya. Ada tiga warna durian yang biasa Anda temui di pasaran, yaitu hijau, kuning, dan coklat.

Kulit durian yang berwarna hijau tak selamanya belum matang, bisa jadi itu memang warna khas dari durian tersebut. Jika warna coklat biasanya dianggap sudah sangat matang. Namun warna kulit durian ini tidak mempengaruhi kualitas daging buahnya.

6. Memilih Durian Berdasarkan Musim

Ingin membeli durian menunggu musim yang tepat? Membeli buah durian bisa berdasarkan musim memanennya. Tak seperti warna kulitnya, justru musim dapat mempengaruhi rasa dari daging buah durian itu sendiri.

Secara umm, durian memang berbuah sepanjang tahun. Namun, durian yang dipanen saat musim hujan dianggap daging buahnya tak begitu manis dan cenderung hambar. Hal ini berbeda dengan durian yang dipanen saat musim kemarau, rasanya jauh lebih manis dan legit.

Sebab, menikmati buah durian terasa begitu memanjakan lidah bagi sebagian orang. Sehingga, sesi makan durian Anda tidak gagal, pastikan dulu durian yang Anda pilih sesuai ekspektasi. Atau Anda juga bisa meminta bantuan penjualnya untuk membantu memilihkan.

7. Mengeluarkan Bunyi Gema ke Dalam

Tanda lain yang menunjukkan jika durian tersebut sudah masak atau belum, adalah adanya suara gema yang mengarah ke dalam. Hal itu dinilai bahwa daging durian sudah masak dan siap dinikmati.

Untuk mengeceknya, Anda hanya perlu yaitu memukul-mukul kulitnya dengan bilah pisau atau benda lainnya. Jika ada suara gema terdengar mengarah ke dalam, artinya daging buah sudah melunak dan empuk. Sedangkan, jika durian masih dalam kondisi mentah, maka suara akan terdengar seakan memantul keluar.

Demikian 5 tips memilih durian yang matang dan manis yang mesti diketahui sebelum Anda membeli durian. Buah durian ini selain lezat jika langsung dinikmati, juga bisa diolah ke dalam berbagai varian minuman dan makanan.

sumber: https://www.omela.com/id/tips-and-trick/5-tips-memilih-durian-yang-matang-dan-manis-rasanya